ilustrasi, sumber: pixabay.com

Kesalahan yang Sering Dilakukan Soal Kesehatan di Usia Pensiun


Admin 27 January 2022 79
Share:

JAKARTA — Saat memasuki usia pensiun, Anda berhak menghabiskan tahun-tahun emas dengan kesehatan dan kebahagiaan sebanyak mungkin. Kabar baiknya, sains menyediakan lebih banyak strategi kesehatan dibandingkan sebelumnya untuk mewujudkannya.

Berita buruknya, banyak dari Anda merusak kesehatan sendiri tanpa menyadarinya. Anda telah sampai sejauh ini, jangan membuat tujuh kesalahan kesehatan ini menjelang pensiun, seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (25/1/2022): 

1. Melewatkan vaksinasi rutin

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh secara alami melemah. Hal tersebut meningkatkan risiko penyakit serius atau kematian akibat infeksi yang bisa ringan pada orang yang lebih muda, seperti flu dan Covid-19. 

Salah satu cara termudah untuk membuat asuransi kesehatan Anda sendiri, tetap up-to-date tentang informasi Covid-19 dan vaksinasi lain yang direkomendasikan untuk orang dewasa yang lebih tua. Itu termasuk vaksin flu tahunan, dua dosis vaksin pneumonia pneumokokus untuk orang berusia 65 tahun ke atas, dan dua dosis vaksin herpes zoster untuk orang di atas 50 tahun.

2. Tidak memprioritaskan tidur

Mendapatkan tidur malam yang baik mungkin menjadi lebih sulit saat masa pensiun semakin dekat. “Sayangnya, penelitian menunjukkan sistem tidur kita mulai melemah seiring bertambahnya usia, jadi fragmentasi tidur dan gejala insomnia lebih tinggi di antara orang yang lebih tua dibandingkan dengan yang lebih muda,” ujar seorang instruktur di Harvard Medical School dan ilmuwan tidur di Brigham Women’s Hospital. Kurang tidur telah dikaitkan dengan penyakit serius seperti penyakit kardiovaskular, kanker, demensia, dan depresi.

3. Menghindari olahraga

Berolahraga secara konsisten dapat membuat Anda menunda penuaan. Itulah kesimpulan dari sebuah studi tahun 2018 yang menemukan pria dan wanita yang lebih tua yang berolahraga selama beberapa dekade memiliki otot yang mirip dengan orang berusia 20-an dan, secara biologis, hampir 30 tahun lebih muda dari usia kronologis mereka. 

4. Menghindari dokter gigi

Penyakit periodontal adalah infeksi pada tulang dan gusi di sekitar gigi. Tapi itu dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius di seluruh tubuh. 

Ini terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, dan demensia. Orang yang memasuki masa pensiun perlu melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, di mana dokter gigi akan mengukur kantong gusi Anda dan meninjau rontgen Anda untuk mengetahui adanya pengeroposan tulang.

5. Merasa buruk tentang penuaan

Tetap positif dapat memberikan dorongan kesehatan yang besar seiring bertambahnya usia, terutama untuk otak. Menurut sebuah studi Universitas Yale, orang yang memiliki persepsi diri yang positif tentang bertambahnya usia memiliki tingkat penyakit Alzheimer yang lebih rendah dan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan orang dengan pandangan yang lebih negatif.

6. Kehilangan tujuan Anda

“Memiliki alasan untuk bangun di pagi hari, mengetahui bahwa orang bergantung pada Anda, merasa bahwa Anda memberikan kontribusi penting dapat berkontribusi pada penuaan yang sehat,” ujar seorang ahli geriatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, Scott Kaiser.

 

sumber: https://www.republika.co.id/berita/r68xeu425/kesalahan-yang-sering-dilakukan-soal-kesehatan-di-usia-pensiun